Iklan

internet marketing

Translate

VCO Bisa Melangsingkan

Ada beragam khasiat dan manfaat minyak kelapa murni, atau lebih dikenal dengan virgin coconut oil (VCO). Bisa menjadi solusi alami yang menjanjikan untuk berbagai keluhan penyakit.

Inilah produk alami hot item yang tengah populer di pasaran. Sempat tenggelam oleh pemberitaan seputar buah merah, yang diyakini punya kandungan vitamin dan antioksidan sangat tinggi, lambat laun khasiat minyak kelapa murni atau virgin coconut oil (VCO) kembali menjadi buah bibir.

Sayangnya, tak banyak produk VCO yang melakukan uji analisis memadai. Namun, banyak orang percaya, setelah mendengar cerita dari mulut ke mulut, serta berbagai penelitian di luar negeri bahwa khasiat minyak kelapa murni ini sungguh dahsyat.

Bukan Keajaiban

Meski begitu, DR. Ir. Winarno, MSi., insinyur Teknologi Industri Pertanian IPB, menjelaskan bahwa khasiat VCO bukan keajaiban karena dapat dijelaskan secara ilmiah.

Penjelasan mengenai sifat ilmiah khasiat VCO itu antara lain dalam mengatasi penyakit degeneratif (gangguan metabolisme, penuaan dini, diabetes, jantung koroner, dan sebagainya), molekul lemak dari minyak kelapa, khususnya asam oleat dan asam linoleat, akan menggantikan lemak perusak trans-fatty acid. Hasilnya, gejala degeneratif itu dapat ditekan.

Ia juga menjelaskan, dalam memperbaiki metabolisme tubuh, VCO bekerja menyehatkan sel. Sementara dalam mempertahankan tubuh dari infeksi berbagai mikro organisme (virus, bakteri, parasit), komponen asam laurat dan VCO diubah oleh tubuh menjadi senyawa mono laurin, yang bertungsi sebagai anlioksidan.

Minyak kelapa juga menyediakan bahan berupa vitamin A dan E yang penting bagi kesehatan kulit dan rambut. Lebih lanjut VCO adalah pemasok energi langsung ke dalam sel-sel tubuh.

Sekitar 80 persen asam lemak di dalam VCO adalah asam lemak rantai pendek dan rantai sedang, yang molekulnya berukuran kecil. Karena itu, molekulnya dapat masuk ke dalam sel-sel tubuh dengan mudah, tanpa memerlukan beragam enzim untuk memotongnya.

Terbukti Secara Ilmiah

Uji analisis terhadap produk VCO merek Laurina di laboratorium jasa analisis pangan Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan IPB, menurut In. Winarno, membuktikan bahwa khasiat VCO dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

Uji organoleptik meliputi warna dan kejernihan, aroma, dan rasa, menemukan bahwa VCO yang baik berwarna putih dan jernih. Aromanya khas kelapa, rasanya enak, gurih, ringan di mulut, tidak gatal di tenggorokan.

Uji mutu minyak didapatkan bilangan peroksida 9,98 (standar maks 10mg/kg) dan bilangan penyabunan 16,35 (standar 188mg/g). Uji komposisi asam lemak, diantaranya asam kaprilat 7,37%, asam kaprat 5,58%, asam laurat 49,67% (tertinggi), asam mirislat 13,51% asam palmitat 6,82%, asam stearat 2,20%, asam oleat 5,63%, dan asam linoleat 1,44%

Uji kandungan vitamin meliputi vitamin A (karoten) 4,65 ppm dan vitamin E (tokoferol) 32,22 ppm. Uji proksimat di antaranya kadar minyak 99,73%, air 0,08% (standar 0,45%), abu/mineral/logam 0,0045%, protein 0,14%, dan kadar karbohidrat 0,0455%. Uji terakhir adalah indikator sanitasi, tidak menemukan bakteri coli.

Namun, karena belum ada asosiasi dan perhatian dari pemerintah terhadap tren minyak kelapa murni ini, standar mutu produk berbeda-beda. Menunut standar internasional, kandungan asam laurat minyak kelapa murni minimal 25 persen. Kurang dari itu, berarti minyak ini relatif tak berkhasiat.

Silakan memanfaatkan khasiat minyak perawan. Anda hendaknya pintar-pintar memilih, tanpa terjebak persaingan harga oleh produsen.

MELAWAN JANTUNG KORONER DAN MELANGSINGKAN

VCO diakui sebagai minyak paling sehat Dalam buku The Coconut Oil Miracle karya Bruce Fife, CN, ND, antara lain dijelaskan beberapa manfaat minyak perawan ini, yang didasarkan pada berbagai penelitian ilmiah di sejumlah negara:

1. Senjata baru melawan penyakit jantung koroner.
2. Pelawan bakteri dan virus alami yang sangat mengagumkan.
3. Menurunkan berat badan.
4. Menghaluskan kulit.
5. Mencegah berbagai penyakit degeneratif, termasuk kanker.
6. Meningkatkan kualitas kesehatan.

Mengacu pada berbagai pengalaman, Ir. Winarno menyebutkan, minum satu sendok makan VCO tiga kali sehari, dapat mengendalikan penyakit degeneratif. Antara lain diabetes, darah kental, asam urat, rematik, tumor, kanker, bahkan termasuk membantu pemulihan penderita stroke.

Berkaitan dengan penyakit akibat infeksi virus, bakteri, dan protozoa, meminum satu sendok makan VCO tiga kali sehari, dapat membantu penyembuhan berbagai penyakit infeksi, misalnya hepatitis, TBC, asma, cacar, herpes, flu.

VCO dapat memperbaiki metabolisme tubuh. Penyerapan kalsium menjadi lebih baik, juga vitamin A, D, E, K; dan dapat mengurangi berat badan bagi yang kegemukan.

Untuk kecantikan kulit dan rambut, VCO dapat mengatasi jerawat (diminum dan dioles), selain melenturkan dan melembabkan kulit dan menyembuhkan gatal-gatal serta luka. Minyak ini juga menghitamkan rambut bila diusapkan ke rambut, selain mencegah uban.

Menurut Ir. Winarno, VCO juga dapat membantu masa kehamilan. Bila ibu minum satu sendok makan dua kali sehari, kondisi janin akan sehat, rambut tebal, kulit mulus. Proses kelahiran pun lebih lancar.

“Setelah kelahiran, minum VCO satu sendok makan tiga kali sehari meningkatkan kualitas ASI dengan kadar asam laurat tinggi, sehingga meningkatkan kekebalan bayi terhadap penyakit, juga mempercepat pemulihan kondisi tubuh ibu dan masa nifas," ujarnya.

Yang jelas, VCO merupakan sumber energi. Ia dapat langsung masuk ke dalam sel-sel tubuh sebagai sumber energi. Hasilnya, tubuh bugar, energik, vitalitas tinggi, tidak cepat lelah.

No Response to "VCO Bisa Melangsingkan"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes