Iklan

internet marketing

Translate

VITAMIN C TERBAIK DARI JAMBU BIJI

Jambu biji, buah ajaib yang akrab dalam kehidupan kita, punya multimanfaat bagi kesehatan.

Buah ini sangat kaya vitamin C dan beberapa jenis mineral yang mampu menangkal berbagai jenis penyakit degeneratif, serta menjaga kebugaran tubuh. Daun dan kulit batangnya mengandung zat antibakteri, yang dapat menyembuhkan beberapa jenis penyakit.

Jambu biji secara taksonomi tergolong ke dalam famili Myrtaceae, genus Psidium, spesies guajava. Karena itu, dàlam bahasa Latin disebut Psidium guajava. Dalam bahasa Inggris jambu biji dikenal sebagai guava, sedangkan di Indonesia disebut juga jambu batu, jambu klutuk, atau jambu Siki.

Jambu biji dikatakan buah yang sangat istimewa karena memiliki kandungan zat gizinya yang tinggi, seperti vitamin C, potasium, dan besi. Selain itu, juga kaya zat nongizi, seperti serat pangan, komponen karotenoid, dan polifenol. Buah jambu biji bebas dari asam lemak jenuh dan sodium, rendah lemak dan energi, tetapi tinggi akan serat pangan.

Kandungan vitamin C buah jambu biji sekitar 87 mg, dua kali lipat dari jeruk manis (49 mg/100 g), lima kali lipat dari orange, serta delapan kali lipat dari lemon (10,5 mg/100 g). Dibandingkan jambu air dan jambu bol, kadar vitamin C pada jambu biji jauh lebih besar, yaitu 17 kali lipat dari jambu air (5 mg/100 g) dan empat kali lipat dari jambu bol (22 mg/100 g).

Disamping berfungsi sebagai antioksidan, vitamin C memiliki fungsi menjaga dan memacu kesehatan pembuluh kapiler: mencegah anemia gizi, sariawan, gusi yang bengkak dan berdarah (penyakit skorbut); serta mencegah tanggalnya gigi. Vitamin C dosis tinggi dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan berbagai infèksi. Dengan demikian, kita tidak mudah menjadi sakit, seperti flu, batuk, demam, dan lain-lain.

Vitamin C membantu penyerapan zat besi dan dapat menghambat produksi nitrosamin, suatu zat pemicu kanker. Vitamin C juga berperan untuk pembentukan kolagen yang sangat bermanfaat untuk penyembuhan luka. Ketersediaan vitamin C, yang cukup dalam darah dapat mendorong ke selenium dalam menghambat sel kanker, terutama kanker paru-paru, prostat, payudara, usus besar, empedu, dan otak.

Pada intinya, jambu biji dapat dijadikan sebagai sumber utama bagi kebutuhan vitamin C tubuh. Konsumsi jambu biji seberat 90 gram setiap hari sudah mampu memenuhi kebutuhan vitamin harian orang dewasa, sehingga mampu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Kandungan vitamin C pada jambu biji mencapai puncaknya menjelang matang. Sebagian besar vitamin C jambu biji terkonsentrasi pada bagian kulit serta daging bagian luarnya yang lunak dan tebal. Karena itu, jambu biji sebaiknya dikonsumsi beserta kulitnya.
Sumber Potasium dan Serat

Jambu biji juga mengandung potasium sekitar 14 mg/ 100 gram buah. Potasium berfungsi meningkatkan keteraturan denyut jantung, mengaktifkan kontraksi otot, mengatur pengiriman zat-zat gizi lainnya ke sel- sel tubuh, mengendalikan keseimbangan cairan pada jaringan sel tubuh, serta menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi).

Cara kerja potasium di dalam tubuh adalah kebalikan dengan natrium (pemicu hipertensi). Karena itu, di dalam menu harian sangat dianjurkan untuk mengonsumsi natrium dan kalium dalam rasio 1:1. Proses pengolahan makanan dengan menggunakan garam cenderung untuk menaikkan natrium jauh melebihi kalium.

Jambu biji juga merupakan sumber serat pangan (dietary fiber). Serat pangan bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit degeneratif, seperti kanker usus besar (kanker kolon), divertikulosis, aterosklerosis, gangguan jantung, diabetes melitus, hipertensi, dan penyakit batu ginjal.

Konsumsi serat pangan masyarakat Indonesia saat ini masih sangat rendah, yaitu sekitar 10 gram/orang/hari. Padahal, konsumsi serat pangan yang dianjurkan adalah 20-30 gram/orang/hari.

Jambu biji mengandung serat pangan sekitar 5,6 gram per 100 gram daging buah. Jenis serat yang cukup banyak terkandung di dalam jambu biji adalah pektin, yang merupakan jenis serat yang bersifat larut di dalam air. Serat yang bersifat larut di dalam air memiliki peran besar dalam menurunkan kadar kolesterol, yaitu mengikat kolesterol dan asam empedu dalam tubuh, serta membantu pengeluarannya melalui proses buang air besar.

Dengan demikian, serat yang bersifat larut di dalam air berguna untuk mencegah aterosklerosis (penyumbatan pembuluh darah penyebab terjadinya penyakit jantung koroner dan stroke). Serat sejenis itu juga berperan dalam menurunkan kadar glukosa darah, sehingga sangat berperan dalam mencegah penyakit diabetes melitus.

24 Response to "VITAMIN C TERBAIK DARI JAMBU BIJI"

Anonim mengatakan...

Say in us, today I will be successful, and tomorrow I will be a success!
tips cara agar cepat tidur nyenyak di malam hari
manfaat daun seledri untuk kesehatan dan kecantikan
manfaat buah naga untuk kesehatan dan kecantikan

Unknown mengatakan...

terimakasih telah berbagai jambu juga memiliki kadar vitamin C yang lebih tinggi dari jeruk Buah Untuk Memutihkan Kulit Wajah

Unknown mengatakan...

sangat bermmanfaat Cara menghilangkan Biang Keringat

Unknown mengatakan...

artikel yang anda buat ini menambah inspirasi saya untuk membuat artikel harga produk herbal alami yang lebih baik dan di kemudian hari saya juga bisa membuat artikel bermanfaat obat herbal penyakit flek paru anak yang bisa membantu kesembuhan anda.

Anonim mengatakan...

Obat Ayan Anak dan Dewasa Herbal Terbaik

Rani Anggraeni mengatakan...

Beberapa Penyakit Yang Umum Menyerang Lansia
Penyakit Radang Sendi Tumit Kaki
Fakta Mitos Seputar Penyakit Rematik
Jenis jenis Penyakit Rematik Yang Bisa Menyerang Tubuh
Cara Mudah Melindungi Buah Hati Dari Serangan Sumber Penyakit

aryani fitria mengatakan...

Trimakasih, Semoga ini bisa bermanfaat:))
Informasi Kesuburan Wanita
Informasi Tentang Anak
Informasi Tentang Kehamilan dan Ibu Hamil

auliatisnisundari mengatakan...

Mata silinder mempunyai istilah medis astigmatism. Istilah tersebut mengacu terhadap keadaan mata yg mengalami penglihatan kabur.Definisi dan Cara Pengobatan Mata Silinder
Bukan cuma tubuh saja yg mampu lelah tapi mata pun dapat seperti itu.Cara Alami Mengatasi Mata yang Lelah
Sinar yg direfleksikan dari satu buah objek masuk ke mata lewat kornea, selanjutnya difokuskan oleh lensa mata ke retina.Gejala dan Cara Mencegah terjadinya Penyakit Mata Minus
Penyakit mata amat beraneka ragam & tak semuanya akan menular.Jenis-jenis dan Pengertian Penyakit Mata
Dengan mata Kamu sanggup menonton keindahan dunia.Cara Memutihkan Mata Kuning Secara Alami

Unknown mengatakan...

Mitos Kacang Kedelai Dapat Menurunkan Kesuburan Pria

JinBasster mengatakan...

very nice what you say. said, polished and elegant very, very good. To view website you is very nice, definitely take the time to make a success like this.
emping adalah penyebab asam urat
makanan yang sehat untuk tulang
obat hidung tersumbat karena penyakit
obat pembesar payudara
obat herbal asam urat

Unknown mengatakan...

thank for to information, thanks to your article. Thank you, I've recently been searching for information about this topic for a while and yours is the greatest I have found out so far. berikut ini adalah artikel yang membahas tentang Agen Vig Power Capsule Yogyakarta || Resep Obat Agar Penis Keras dan Tahan Lama || Ejakulasi Dini || Obat Penambah Sperma || Obat Pembangkit Girah Seksual || semoga bisa berguna dan dimanfaatkan dengan baik. Atas kekurangannya saya ucapkan mohon maaf, dan atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.. hee

Unknown mengatakan...

Resiko Melakukan Aborsi

Unknown mengatakan...

I am extremely inspired along with your writing skills as smartly as withh thhe format in your blog.
nyeri dada akibat gerd atau malah sakit jantung
pengobatan hipertensi selain obat kimia
benarkah bentuk kuku dapat mendeteksi penyakit jantung
cara meringankan gejala infeksi hidung
Obat Herbal Pelangsing 2016

Kang Yudi mengatakan...

Ternyata kandungan vitamin c jambu biji tinggi sekali.
Iklan Properti

Anonim mengatakan...

Cara Tepat Membersihkan Kotoran Telinga Tanpa Cotton Bud

JinBasster mengatakan...

very nice what you say. said, polished and elegant very, very good. To view website you is very nice, definitely take the time to make a success like this.
Penyebab Sakit Pinggang
Penyebab Tulang Belakang Terasa Sakit Saat Bangun Tidur
Obat Batuk Disertai Demam
Obat Batuk Tradisional
Eye Care Softgel

Anonim mengatakan...

Cara Mengobati Kanker Rahim atau Kanker Serviks Thank for your share and i think this your article its so good.

Ibu Hamil mengatakan...

There’s definately a great deal too learn about this issue.
pantangan makanan kista ovarium
bolehkah ibu hamil minum obat asam urat
obat sakit kuning dan pantangannya
mencegah amandel agar tidak kambuh
obat sakit gagal jantung

Anonim mengatakan...

Obat Herbal Miom Tanpa Efek Samping

Apabila sekarang Anda sedang mencari pengobatan dengan cara alternatif untuk membantu penyembuhan penyakit miom kami memiliki rekomendasi yang bagus dan membantu Anda dalam menghilangkan benjolan miom, dengan mengkonsumsi obat herbal miom yang terbuat dari bahan alami dan sudah terdaftar di DEPKES serta MUI.

Unknown mengatakan...

Obat Penyakit Radang Selaput Ginjal
Obat Pembengkakan Prostat Pilihan Terbaik
Gejala Leukimia Pada Anak-anak
Tanda Terserang Penyakit Kanker Usus Besar
Obat Alami Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil
Cara Efektif Mengobati Abses Otak

Unknown mengatakan...

http://pengobatanasamurat.info/
http://pengobatankolesterol.info/
http://qncjellygamatyangasli.com/
http://mengatasisakitmaag.com/

Unknown mengatakan...

Cara Mengatasi Tukak Lambung Secara Alami
Ramuan Herbal Untuk Membersihkan Rahim Kotor
Penderita Gagal Ginjal Kronik Wajib Melakukan Cuci Darah

Unknown mengatakan...

7 Jenis Daftar Pantangan Makanan Penderita Tumor Payudara
Faktor Pemicu Katup Jantung Bocor Pada Orang Dewasa
Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Nyeri Sendi

Unknown mengatakan...

Thank you for providing us with useful information and please contact our website at Kenali Ciri dan Tanda Penyakit Infeksi Rahim

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes